TINDAKAN IMAN KETIKA MENGHADAPI MASALAH DAN KESULITAN

Spread the love

Pelitakota.Id

_2 Tawarikh 15:7
“Tetapi kamu ini, kuatkanlah hatimu, jangan lemah semangatmu, karena ada upah bagi usahamu”

Masalah dan kesulitan adalah bagian dalam kehidupan manusia. Sebagai umat Tuhan kita tahu bhw Tuhan senantiasa mendampingi kita dalam suka dan duka. Hanya saja kita sering kali lupa dan tdk peka terhadap kehadiran-Nya.

Dibawah ini ada beberapa tindakan iman ketika saudara dan saya sedang diperhadapkan masalah dan kesulitan seberat apapun dalam hdpmu:

1. Tetaplah Percaya, dan Jangan Putus Harapan.
Kekuatan kepercayaan kepada Allah dan janji-janji-Nya haruslah menguasai seluruh eksistensi hidup Anda. Masalah itu nyata. Tetapi janji Tuhan lebih dari kenyataan masalahmu saat ini.

Masalahmu sering kali menutupi mata rohanimu. Yang lebih meringis lagi adalah kita mulai meragukan kasih Tuhan. Dan membuat kita jatuh dalam keputusasaan. “Kenapa kalau memang Tuhan ada dan berkuasa tega membiarkan orang percaya hidup dalam penderitaan dan kesusahan ini?” Jika sudah di mulai dgn pertanyaan “mengapa”? Anda sedang membentuk opini Allah dalam kehendakmu. Ingatlah? Dialah Allah Pencipta langit dan bumi dan Penguasa alam semesta. Termasuk manusia dan jauh lebih bernilai adalah umat kesayangan-Nya Anda dan saya dalam rencana dan agenda Allah. Seharusnya kita boleh berkata: “Tuhan, melalui penderitaan ini apa yang Engkau kehendaki bagiku? Berikanlah kekuatan dan kemenangan saya siap menghadapinya karena kutahu Engkau ada dan hidup di dalamku”.
Ulangan 31:8 “sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati”.

Jangan putus asa dan hilang ketergantungan kita kepada Allah dan kuasa-Nya. Dia lebih dari apapun yang sedang Anda doakan. Karena hanya TUHAN saja pusat dan sentral kehidupan manusia dan semua makluk hidup di Jagad Raya ini. Dia peduli dan mengerti setiap persoalan dan beban hidupmu. Angkatlah hatimu kepada Allah, dan percayalah Dialah jawaban pasti.

2. Membangun Hubungan Yang Intim dengan Allah dan Terus Mengalami Tuhan.
Bukan menjadi alasan kuat bhw masalah menyeret fokus kita kepadanya. Kita lebih kuat memikirkan masalah dibandingkan justru masalah adalah kesempatan terbaik kita mendekatkan diri dan hidup intim dgn Tuhan. Masalah adalah anugerah Allah untuk kita terus mengalami Tuhan secara pribadi. Mengapa demikian? Alkitab berkata: ” Tuhan sangat dekat dengan orang yang hancur hatinya” Maz. 34:19.

Persekutuan indah dengan Tuhan dalam keintiman yang sangat kuat, melawat kita dalam satu dimensi kerohanian yg baru. Rentetan setiap masalah dan kesulitan hanya membuat kita tahu, benar ada masalah tetapi sama sekali tdk menggoncangkan iman kpd Allah, karena kuasa-Nya menguasai hidup kita.
Kita menjadi sangat haus dan lapar akan Dia. Kita terus hidup dalam kekuatan rohani yang indah. Baik kekayaan dan Kemakmuran, atau Kesulitan dan kesusahan bukanlah keadaan yg menyeret tujuan kita kepada Allah. Bagaimana kita terus mengalami hubungan yg intim dengan Tuhan dan mengalami Dia dalam hidupmu?

a). Membaca dan merenungkan firman Allah setiap hari dan terus tenggelam lebih
dalam melalui kuasa Firman Allah dan
Roh Kudus.

b). Hidup tekun berdoa dan nyanyikan pujian Mazmur melalu penyembahan yg sangat dalam kepada Allah. Lebih dalam lagi masuk dalam hadirat Tuhan. Nikmati sukacita dan damai dari Allah yang
sangat indah.

c). Persekutuan dengan orang percaya baik dalam keluarga kecil kita, Persekutuan kelompok tumbuh bersama baik di
rumah, di kantor, di perusahaan dan di mana saja, Persektuan Ibadah dalam Gereja. Tuhan merindukan Orang percaya hidup dalam persekutuan dalam kesatuan sebagai tubuh Kristus.

3. Kembangkan Terus Sikap Mengucap Syukur Kepada Allah dan Hidup Dalam Kekuatan Iman Kepada-Nya. 1 Tesalonika 5:18; 1 Kor. 1:4; 10:13; Fil. 4:13.
Maz. 46:2 “Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti”.
Ucapan syukur kepada Allah, sebagai bentuk nyata perbuatan iman kepada Tuhan. Sebab dalam ucapan syukur ada kekuatan Allah mengalir di dalammu. Mengucap syukur juga sebagai penangkal sesorang bebas terjebak dari stres deprasi. Ucapan syukur adalah resep kesehatan Tuhan bagi Anda.

Ingatlah dengan iman kita dapat menghadapi semua masalah dengan cara Tuhan. Melalui kebenaran firman Allah iman kita terus hidup dan mengalami pertumbuhan secara signifikan. Dan justru melalui kesulitan dan penderitaan iman kita menjadi semakin murni dan mulia. Roma 10:7; 1:17; Habakuk 2:4.
Iman dalam Kekristenan adalah suatu keyakinan sentral yg diajarkan oleh Yesus Kristus sendiri dalam kaitannya dengan Injil (kabar baik). Artinya iman yg hanya berfokus pada Yesus Kristus sebagai sentral dan pusat kemenangan hidup orang percaya. Amin

Pdt. Brian H. Taruh
Direktur YPK FILADELFIA INDONESIA
Gembala Sidang GPdI Filadelfia Bandung

Leave a Reply