Kekuatan Karakter Tanggung Jawab Dalam Kehidupan Pada Masa Pandemi

Spread the love

 

Pelitakota.Id | Tanggung Jawab bukanlah kata yang asing lagi bagi kita semua. Setiap manusia memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing–masing tinggal apakah setiap orang mampu menjalankannya dengan sebaik mungkin?. Hal ini kembali kepada pribadi orang tersebut. Mampukah seseorang memenuhi harapan kepada pribadinya untuk menjalankan tanggung jawab tersebut, apalagi terhadap dirinya sendiri. Sadarkah pribadinya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya, baik tanggung jawab sebagai seorang anak, orang tua, perserta didik, karyawan. Semua harus mempertanggungjawabkan perbuatannya kepada Tuhan dan sesama.

Definisi tanggung jawab dalam kamus besar Bahasa Indonesia adalah keadaan di mana wajib menanggung segala sesuatu atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Dalam buku Character Traning Institute tanggung jawab adalah memahami dan melakukan apa yang sepatutnya saya lakukan. Dalam bahasa Inggris responsible (bertanggung jawab) berasal dari 2 akar kata bahasa Latin : responsum, yang berarti “suatu jawaban, balasan”; dan spondere, yang berarti “ berjanji”. Jadi konsep dibalik pertanggung jawaban adalah memberikan tanggapan seperti yang telah dijanjikan.

Pribadi yang bertanggung jawab akan memperoleh kepercayaan dan dengan sendirinya akan menjadi pribadi yang dipercaya memikul tanggung jawab yang lebih besar, sewaktu mereka menepati janji. Tanggung jawab tidak semata-mata terbatas pada kata tertentu yang dipakai untuk menyampaikan suatu tugas akan tetapi juga mencakup harapan dari orang yang memberikan tugas tersebut.

Karakter tanggung jawab itu sendiri dilambangkan dengan burung rajawali, dimana seekor burung rajawali ternyata menggambarkan bagaimana seorang yang mampu bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan keluarga sampai kepada tanggung jawab dalam mengajarkan anaknya untuk belajar bertanggung jawab untuk menghadapi kehidupan terutama saat seekor burung rajawali mengajarkan kepada anaknya untuk terbang pertama kali dimana ia mendorong anaknya dari sarangnya dari ketinggian namun tetap dengan sigap menangkap saat ia melihat anaknya belum dapat namun hal itu tidak membuat ia lelah dalam mengajarkan kepada anaknya untuk dapat terbang. Begitu pula dengan kita sebagai seorang manusia meskipun menghadapi kesulitan dan kegagalan tetapi tidak membuat kita menyerah dalam melakukan tugas yang diberikan namun dengan gigih tetap berusaha untuk menjalankannya dengan sebaik mungkin dan mau untuk mencoba hingga berhasil dengan sebaik mungkin.

Dalam pandangan Alkitab, tanggung jawab  menurut Bilangan 11:11“ Lalu berkatalah Musa kepada Tuhan : “Mengapa Kauperlakukan hamba-Mu ini dengan buruk dan mengapa aku tidak mendapat kasih karunia di mata-Mu, sehingga Engkau membebankan kepadaku tanggung jawab atas seluruh bangsa ini? “, tanggung jawab berarti beban, sedangkan dalam ayat 14 : “ Aku seorang diri tidak dapat memikul tanggung jawab atas seluruh bangsa ini, sebab terlalu berat bagiku.”, tanggung jawab berarti tugas. Galatia 5 : 6 ”Sebab masing-masing orang memikul tanggung jawab sendiri”. Titus 2:12 “ Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini”.

Ciri-ciri orang kristen yang bertanggungjawab :

1. Bertanggung jawab terhadap perkataan (Matius 12: 33-37)
Orang kristen yang bertanggung jawab adalah orang yang bisa menjaga perkataannya dari hal –hal yang tidak baik. Sebuah perkataan itu punya kuasa, dari sebuah perkataan itu, seseorang bisa dinilai  karakternya. Kalau mau mengikuti Kristus, harus bisa berubah dalam perkataan.

2. Menyebarkan Firman (Yehezkiel 33:8-9)
Orang kristen yang bertanggung jawab juga pastinya harus bisa menabur firman kepada orang yang belum kenal Tuhan. Di kitab Yehezkiel 33 ini berkata kalau kamu tahu bahwa orang itu belum mengenal Tuhan dan masih melakukan kejahatan, sewaktu ia mati, Tuhan akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawa orang tersebut kepadamu. Tentunya kita tidak ingin selalu diikuti oleh rasa bersalah karena telah menjerumuskan orang yang belum mengenal Tuhan. Inilah tugas kita untuk menyebarkan Firman Tuhan kepada teman / kerabat / saudara kita yang belum mengenal Tuhan Yesus. Apalagi dimasa pandemi covid-19, dimana orang-orang butuh kabar baik, kabar keselamatan dan pengharapan.

3. Bertanggung jawab atas iman (Kisah Para Rasul 26:24).
Ini adalah hal yang paling penting kita harus bisa mempertahankan iman kita kepada Yesus walaupun orang-orang disekitar kita itu mengejek/memandang rendah kita.

Penulis : Fanja Bapsje Siegers, S.Sos yang saat ini berprofesi sebagai Pendidik TK Tunas Pertiwi, kota Bogor

Daftar Pustaka :

1. KBBI online : https://kbbi.web.id/tanggung
2. Buku Karakter Seri Pendidikan 2, Buklet
3.Artikel seorang kristen yang bertanggung jawab ( http://groupthebiblesay .blogspot.com/2013/10/seorang-kristen-yang-bertanggungjawab.html?m=1)
4. Artikel tanggung jawab kristen ( http://www.beritabethel.com/artikel/detail/614

Leave a Reply