KASIH KARUNIA ALLAH BAGI GEREJANYA

Spread the love

Pelitakota.id  | Suara Kebenaran Hari Ini | 1 Korintus 12:4-7, “Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang. Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.”
*KASIH KARUNIA ALLAH BAGI GEREJANYA*
Karunia rohani adalah jawatan dan kuasa luar biasa yang dikaruniakan kepada para hamba Tuhan dan orang-orang Kristen di abad-abad pertama, untuk meyakinkan orang tidak percaya dan untuk menyebarkan Injil. Karunia dan kasih karunia, atau charismata dan charis, sangat berbeda. Memang kedua-duanya diberikan secara cuma-cuma oleh Allah. Namun ketika kasih karunia diberikan, itu berguna bagi keselamatan orang yang menerimanya, sedangkan karunia dianugerahkan demi kepentingan dan keselamatan orang lain.
Ada rupa-rupa karunia, seperti pewahyuan, bahasa lidah, nubuatan, atau menafsirkan bahasa lidah, tetapi satu Roh. Ada berbagai-bagai pelayanan, atau jawatan yang berbeda, berbagai orang untuk melaksanakannya, dan berbagai ketetapan serta peraturan yang berbeda (lih. 1 Korintus 12:28-30), tetapi satu Tuhan yang menetapkan semuanya (1 Korintus 12:6).
Kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama (1 Korintus 12:7). Dengan menggunakan semua karunia ini, Roh dinyatakan, kuasa dan kepentingan-Nya tampak dalam karunia-karunia tersebut.
Sadari akan hadirnya kasih Tuhan melalui karunia Roh Kudus yang nyata di tengah kita. Haleluyah, amen. (Pst.harts)

Leave a Reply