Tempat Damai

Spread the love

Pelitakota.id – (Lanjutan)
Yohanes 16:33
“Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

Pada ayat ini kita menemukan dua kata keterangan tempat yaitu di dalam Yesus dan di dalam dunia. Marilah kita renungkan keberadaan kedua tempat ini.

  1. Dalam Yesus.

Dalam Yesus kita peroleh damai sejahtera. Syaratnya adalah memperhatikan semua perkataan Yesus yang telah disampaikan-Nya, sebab Ia berkata “Semuanya itu Kukatakan kepadamu supaya kamu beroleh Damai Sejahtera dalam Aku.” Apa saja yang telah disampaikan?

  • Dukacita akan berubah menjadi sukacita…ayat 20
  • -Aku akan melihat kamu lagi…ayat 22
  • Hatimu akan bergembira…ayat 22
  • Tidak ada org yang dapat merampas kegembiraan itu dari padamu…ayat 22
  • Minta pada Bapa maka akan diberikan padamu …ayat 23
  • Bapa mengasihi kamu….ayat 27
  • Bapa bersama-Ku …ayat 32

  1. Dalam dunia

Dalam dunia kamu menderita penganiayaan. Kenyataan ini jauh berbeda dengan dalam Yesus karena dalam Yesus beroleh damai sejahtera. Namun kita perlu sadar bahwa tempat yg bernama ‘dalam Yesus’ ini masih ada dalam dunia, sehingga menderita karena penganiayaan tetap terjadi. Oleh karena itu maka tempat yang bernama ‘dalam Yesus’, merupakan salah satu tempat di dunia ini yang menjadi naungan kita atau kubu pertahanan kita. Tempat ini tidak terlihat hanya diketahui oleh iman. Tempat ini berotoritas dan berkuasa atas dunia ini sebab pemilik-Nya telah mengalahkan dunia. Yesus berkata: “Tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.” …ayat 33

Puji Tuhan. Walaupun kita masih ada dlm dunia tapi kita ada di tempat yg disediakan Bapa bagi kita, yg menjamin damai sejahtera kita, yakni DALAM YESUS. syaratnya adalah Firman-Nya tinggal dlm kita dan kita dalam Dia…Tuhan Yesus memberkati.

(Pdt.Liban Kamlasi, M.Th)

Leave a Reply