Roh Kudus Yang Mengenalkan

Spread the love

Pelitakota.Id
Yohanes 1:33

Injil Yohanes penuh dengan tema memperkenalkan Yesus. Mulai pasal
1:1-18 Rasul Yohanes memperkenalkan Firman Allah yang menjadi manusia dalam rupa Yesus Tuhan kita. Ayat 19-34 Yohanes pembaptis memperkenalkan Yesus sebagai anak Allah. Ayat 35-51 murid-murid yang pertama memperkenalkan Yesus kepada orang lain. Pasal 2:1-11 Maria ibu Yesus memperkenalkan Yesus sebagai Allah yang berkuasa. Selanjutnya saudara akan melihat pada pasal-pasal berikut bagaimana Yesus memperkenalkan diri-Nya, memperkenalkan Bapa, memperkenalkan Roh Kudus, memperkenalkan pengampunan dosa, memperkenalkan jalan ke Surga, tempat tinggal di Surga, dll.
Jadi kata kunci Injil Yohanes adalah MENGENAL.

Terkait dengan kata kunci Injil Yohanes, muncul pertanyaan: Siapakah yang memperkenalkan Yesus kepada Yohanes Pembaptis?
Yohanes 1:33
“Dan aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus.”
Roh Kudus yang memperkenalkan Yesus kepada Yohanes sehingga ia mengenal Yesus sebagai Anak Domba Allah dan sebagai Anak Allah. Pekerjaan Roh Kudus ini tidak berubah. Ketika RK turun atas seseorang maka orang itu diperkenalkan sebagai anak Allah. Perhatikan bagaimana terjadinya kelahiran baru atas seseorang oleh Roh Kudus dalam Yohanes 3:6 “Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.”
Peranan RK dalam Roma 8:15-16
“Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa!”
Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.”
Selain itu, kala RK turun atas kita, Ia juga akan memperkenalkan kuasa Allah yang maha dahsyat dalam hidup dan pelayanan kita.
Kisah Para Rasul 1:8 “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”
Jadi, mau kenal Tuhan Yesus lebih lagi? Roh Kudus-lah yang akan melakukannya melalui kita.
1 Yohanes 3:24
“Barangsiapa menuruti segala perintah-Nya, ia diam di dalam Allah dan Allah di dalam dia. Dan demikianlah kita ketahui, bahwa Allah ada di dalam kita, yaitu Roh yang telah Ia karuniakan kepada kita.

Terpujilah Tuhan
Haleluyah. Tuhan Yesus memberkati
(Pdt. Liban Kamlasi.,M.Th)

One Reply to “Roh Kudus Yang Mengenalkan”

Tinggalkan Balasan