Pendidikan Tinggi Semakin Maju Dengan Hadirnya Sentra Layanan UT (SALUT) Cakra Inti Indonesia

Spread the love

Bogor,pelitakota.id – Universitas Terbuka (UT) semakin memperluas jangkauannya dengan meresmikan Sentra Layanan UT (SALUT) Cakra Inti Indonesia di Megamendung Puncak Bogor.

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul, melalui peran Pendidikan tinggi dengan tujuan memberikan akses dan pelayanan pendidikan serta memberikan kesempatan belajar di perguruan tinggi, bagi peserta didik yang memiliki kualitas potensi akademik yang baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan nya, serta memberikan kontribusi dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara.

SALUT Merupakan kepanjangan tangan teknis operasional dari UT Daerah yang menjadi tempat layanan administrasi akademik, kegiatan akademik serta kegiatan lainnya yang berlokasi di kabupaten atau kota, sehingga jarak akses mahasiswa dan pemangku kepentingan lainnya dengan kantor layanan UT semakin dekat, SALUT juga mempunyai tugas penting lainya yaitu mengenalkan UT kepada berbagai lapisan masyarakat dan melakukan perekrutan calon mahasiswa.

Sebagai mana diketahui pembukaan SALUT ini, adalah perpanjangan tangan dari UPBJJ-UT sebagai upaya menjangkau layanan, mempermudah mahasiswa hingga ke pelosok, yang mana penandatanganan kerjasama ini dihadiri oleh Direktur UT Bogor, Drs. Enang Rusyana, M.Pd dan Kepala Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Cakra Inti Indonesia, Mubarok, S.Kom., M.M, serta Pembina Yayasan Cakra Inti Indonesia, Dr. Achmad Mulyana, S.E., M.M.

Dengan pendirian SALUT tersebut, saat ini pembelajaran mahasiswa bisa dilakukan dengan optimal dengan sejumlah
fasilitas pendukung,namun demikian, kami menyadari bahwa pada waktu tertentu untuk memperoleh informasi mengatasi kendala, untuk mendapatkan bimbingan, bertemu dengan Doktor bertemu teman kuliah, berdiskusi, dan bersosialisasi merupakan kebutuhan dasar mahasiswa, Doktor, atau pemangku kepentingan lainnya yang perlu difasilitasi dengan sentuhan kemanusiaan dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, UT mendirikan Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT).

Dalam kesempatan ini Direktur UT Bogor, Drs. Enang Rusyana, M.Pd,.menyambut baik berdirinya Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Cakra Inti Indonesia di Megamendung Puncak Bogor, semoga dapat berkolaborasi dan bekerjasama dengan baik untuk memberikan akses layanan Pendidikan tinggi pada Perguruan Tinggi Negeri Universitas Terbuka dibawah kepemimpinan kang Mubarok, S.Kom., M.M. Selaku Kepala Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Cakra Inti Indonesia.

“Sesuai dengan tagline UT “Making Higher Education Open to All” yang memberikan kesempatan pada seluruh lapisan masyarakat Indonesia dimana pun berada untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi serta menjangkau yang tidak terjangkau.

Sementara itu hal senada disampaikan kepala Sentra Layanan Universitas Terbuka Cakra Inti Indonesia, Mubarok, S.Kom., M.M, mengungkapkan rasa syukur atas terlaksananya kerjasama dengan Perguruan Tinggi Negeri Universitas Terbuka dan berharap kedepannya akses Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) adalah fasilitas layanan UT yang berfungsi untuk mendekatkan dan memudahkan akses layanan pendidikan tinggi kepada mahasiswa, calon mahasiswa atau masyarakat berkaitan dengan informasi ke-UT-an, registrasi, perolehan bahan ajar, pembelajaran dan kegiatan lainnya.

Perlu diketahui SALUT UT didukung perangkat komputer jaringan internet berkecepatan tinggi, dan instruktur Informasi Teknologi, yang mana Universitas Terbuka (UT) merupakan perguruan tinggi negeri yang memberikan layanan pendidikan dengan sistem belajar jarak jauh.

Dengan proses layanan administrasi akademik dan pembelajaran yang didukung dengan sistem teknologi berbasis Information and Communication Technology (ICT) sehingga dimungkinkan mahasiswa dapat menerima dan melakukan kegiatan akademik tanpa harus datang atau bertatap muka dengan petugas layanan atau dosen, sehingga layanan pendidikan tinggi di kampus negeri semakin merata, dimana saat ini mahasiswa yang kuliah berasal dari lingkungan Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pemerintah Daerah dan Institusi terkait lainya.

Oleh karnanya SALUT Merupakan kepanjangan tangan teknis operasional dari UT Daerah yang menjadi tempat layanan administrasi akademik, kegiatan akademik serta kegiatan lainnya yang berlokasi di kabupaten atau kota, sehingga jarak akses mahasiswa dan pemangku kepentingan lainnya dengan kantor layanan UT semakin dekat, SALUT juga mempunyai tugas penting lainya yaitu mengenalkan UT kepada berbagai lapisan masyarakat dan melakukan perekrutan calon mahasiswa.

Keberadaan SALUT diharapkan akan dapat meningkatkan angka partisipasi mahasiswa dan kualitas layanan Universitas Terbuka karena SALUT dapat digunakan untuk menfasilitasi mahasiswa, mulai dari layanan mahasiswa dalam registrasi, bantuan belajar, hingga ujian, fasilitas ini dapat menyediakan akses layanan yang lebih dekat kepada seluruh stakeholders, khususnya mahasiswa.

Adapun Sarana Prasarana yang digunakan untuk Sentra Layanan Universitas Terbuka meliputi Tanah dan Bangunan seluas 1.200 meter persegi, Halaman Parkir dan Taman seluas 400 meter persegi, Ruang Tutorial kelas, Ruang Layanan Administrasi Akademik, Ruang Area Front Desk dan Ruang Layanan Umum, Ruang Area Informasi dan Display Produk UT, Ruang Pendukung Diskusi Mahasiswa, Ruang MES Tempat Tinggal, Ruang Laboratorium Komputer, Ruang Perpustakaan, Ruang Pimpinan, Ruang Musholla, Ruang Dapur, Ruang Toilet dan Ruang Lobby. Fasilitas layanan didukung dengan perangkat komputer, jaringan internet berkecepatan tinggi dan perangkat lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk berlatih mengoperasikan komputer dan internet dalam mengakses sumber belajar secara online.

Dengan demikian, UT dapat berpartisipasi mensukseskan program pemerintah dalam memberikan pemerataan akses pendidikan, lokasi SALUT Cakra Inti Indonesia sangat strategis yang berada di Jalan Raya Puncak Gadog Nomor 47 Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor, dan tentunya daerah ini asri dan sejuk, Megamendung menjadi gerbang utama pariwisata di kabupaten bogor sebagai penunjang kabupaten termaju di Indonesia. Megamendung berada di kawasan wisata puncak yang merupakan jalur utama wisata.

Selain itu Megamendung merupakan kecamatan yang dimekarkan dari Kecamatan Cisarua, Bogor pada tahun 1997. Sejalan dengan Perda Kab. Bogor No 5 Tahun 2014 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Bogor dalam mendukung Visi kabupaten Bogor menjadi kabupaten termaju di indonesia kecamatan Megamendung telah menetapkan Visi menjadi gerbang utama pariwisata di kabupaten Bogor sebagai penunjang kabupaten termaju di Indonesia ” Tutupnya. ( Red )

Leave a Reply