Apakah Dengan Sekali Diselamatkan, Kita Akan Terus Selamat?

Pekerjaan Bapa

Spread the love

Yohanes 14:12-14 …”Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;
dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Pelitakota.id – Haleluyah
Sebagai murid Tuhan, kita mengemban tugas melanjutkan pekerjaan Bapa, yang telah dilakukan dan ditunjukkan Yesus kepada kita. Tentunya kita rindu ayat 12 di atas yakni melakukan juga pekerjaan2 yg Yesus lakukan, bahkan yg lebih besar dari pada itu dalam pelayanan kita. Dari pengamatan terhadap ayat di atas saya menemukan syarat yg perlu kita pahami dan lakukan.

  1. Sungguh2 percaya kepada Tuhan Yesus. Mengapa harus sungguh2 percaya? Sebab Tuhan Yesus juga memperkatakannya dengan sungguh-sungguh. Perhatikan awal kalimat itu: “Sesungguhnya…” ini merupakan sebuah janji yg serius, tetapi juga sebuah pernyataan tegas. Tuhan menjanjikan dengan sungguh-sungguh maka kita juga harus percaya dengan sungguh-sungguh dan serius.
  2. Melakukan pekerjaan-pekerjaan Yesus. Tentunya kita sudah mengetahui semua kegiatan Yesus dari 4 kitab Injil. Ada doa syafaat, ada menjamu org banyak, menyembuhkan, membangkitkan, mengajar, berkhotbah, memuji, membasuh kaki, memberitakan Injil, melepaskan, mengusir setan, dll. Mulailah lakukan dan lanjutkan. Alasan dari semuanya itu Yesus berkata: “Sebab Aku pergi kepada Bapa.” Apakah hubungan melakukan pekerjaan Yesus dengan alasan ini? Alasan ini bukan sekedar karna Yesus pergi jadi kita melanjutkan. Alasan ini lebih mengarah kepada Yohanes 16:7 yg berkata: “Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.” Jika Yesus sudah pergi maka …“Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya” (Yoh. 14:16). Roh Kudus harus ada bersama kita karena Bapalah yg akan melakukan pekerjaan-Nya (:10) oleh Roh Kudus melalui kita. Jadi formulanya sama dgn Yesus, yaitu Bapa bekerja melalui Yesus dan berkerja oleh Roh Kudus di dalam dan melalui kita. Masalahnya, apakah kita mau melakukan?
  3. Meminta. Yesus pergi dan meminta kepada Bapa dan Bapa akan memberikan Roh Kudus pada kita. Teladan ini menjadi tonggak bagi kita utk lakukan janji-Nya: “Dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya” (14:13-14).

Apa yg diminta?

Apa saja yg terkait dgn pekerjaan Bapa dan mempermuliakan Bapa.
Tuhan minta kita sungguh2 percaya…lakukan…meminta
Amin dan Tuhan berkati hari ini bagimu yg mengasihi Dia…Tuhan Yesus memberkati…

Pdt. Liban Kamlasi, M.Th

2 Replies to “Pekerjaan Bapa”

Tinggalkan Balasan