Minta Dalam Nama Yesus

Spread the love

Pelitakota.Id

Yohanes 14:13-14
“dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.

Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Yohanes 15:16
“Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.”

Yohanes 16:23
“Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku.”

Yohanes 16:24
“Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.”

Sejumlah ayat ini saya letakkan pada awal penulisan agar kita mengerti alasan mengapa nama Yesus menjadi alasan Bapa memberikan apa yang kita minta kepada-Nya.

Dalam Yohanes 17, kita menemukan jawabannya, yakni nama Yesus adalah nama Bapa sendiri. Perhatikan keterangan Yohanes 17:11-12

“… Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.”

“Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku;…”
Dalam PL, Allah Abraham, Ishak dan Yakub memperkenalkan nama-Nya adalah TUHAN. Bahasa Ibraninya ialah YHWH (Yahweh). Terkadang terbaca Yehwah atau Yehowah, yang berarti Tuhan yang menyelamatkan. Nama ini diberikan pada nama Tuhan kita yakni Yehoshua yang diterjemahkan ke bahasa Yunani ‘Iesus’ dan dalam bahasa Indonesia ‘Yesus’ artinya Juruselamat. Jadi nama Yahweh dan nama Yesus adalah satu. Lihat ayat dibawah ini.

Keluaran 3:15
“Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: “Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.”

Keluaran 6:2
“Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri.”

Jadi ketika kita meminta kepada Bapa dalam nama Yesus maka Bapa akan memberikan karena nama Yesus adalah nama Bapa sendiri. Yesus telah datang untuk memperkenalkan nama Bapa. Allah yang Mahakuasa kepada kita. Dengan tegas Yesus berkata dalam Yohanes 17:6 bahwa Ia telah menyatakan nama-Mu (Bapa) kepada semua orang yang diberikan kepada-Nya. Nama itu adalah Yang menyelamatkan, nama dari Allah yang Mahakuasa sehingga doa kita penuh kuasa. Haleluyah…Tuhan Yesus memberkati.
(Pdt. Liban Kamlasi,.M.Th)

One Reply to “Minta Dalam Nama Yesus”

Tinggalkan Balasan