Belajar dan Mengerti

Spread the love

… “Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu…Mazmur 119 : 71

PELITAKOTA.ID | Kita harus mengerti sebagai umat Tuhan, kita harus selalu belajar akan firman Tuhan, banyak rahasia-rahasia Allah yang tersembunyi yang Tuhan mau singkapkan. Seperti halnya ilmu pengetahuan dunia, bertambah banyak ilmu yang kita pelajari, makin bertambah banyak pula yang belum kita ketahui. Demikian juga halnya akan kehidupan rohani kita, tidak bisa kita hanya berada dalam tingkat rohani kanak-kanak saja, tetapi perlu meningkat menjadi rohani yang dewasa. Itulah sebabnya Tuhan, yang menjadi Guru Besar kita selalu mengajar anak-anakNya, agar punya pengalaman bagaimana menghadapi hidup ini dengan segala permasalahannya.

Tuhan tidak ingin kita tenggelam dalam ketakutan bila menghadapi pencobaan dan ujian; demikian pula Tuhan tidak ingin kita menjadi lengah, karena terbuai oleh kemenangan dan keberhasilan hidup. Tetapi yang jelas, setiap pelajaran ada ujiannya yang membutuhkan ketekunan dan ketaatan. Dan secara pikiran manusia, adalah tidak masuk akal bila seseorang menghadapi ujian dikatakan berbahagia. Tetapi ini yang di ajarkan oleh firman Tuhan dalam Yakobus 1:2-4…”Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun”….Namun apa yang dilakukan Tuhan terhadap umat-Nya hanya dapat dimengerti bila kita memandangnya dengan kaca mata rohani.

Bangsa pilihan Tuhan ketika menuju tanah perjanjian dibawah pimpinan Musa, juga harus mengalami ujian. Mereka harus melalui padang gurun selama empat puluh tahun lamanya. Dan Tuhan tahu bagaimana memimpin dan melindungi mereka melewati masa-masa yang sulit. Bagaimana Tuhan megajar mereka seperti seorang Ayah yang mengajar anak-anakNya, semua itu dengan tujuan agar setibanya mereka di tanah yang dijanjikan, mereka sudah menjadi bangsa yang tangguh, iman mereka kuat, serta hidup sepenuhnya bersandar pada janji-janji Allah… yang diajarkan kepada kita suatu ketekunan akibat dari ujian terhadap iman kita…marilah belajar dan mengerti perintah-perintah-Nya…Tuhan Yesus memberkati

Pdt.Ricardo RJ Palijama Ketua Sinode GMI/EMC

Leave a Reply