Manggar —
Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Manggar menggelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) selama dua hari yang mengusung tema “Kewirausahaan”.
Kegiatan yang diikuti seluruh pelajar kelas 10 sampai kelas 12 ini dimeriahkan dengan berbagai macam bazar, tari kreasi dan penampilan kegiatan baris-berbaris yang kreatif dan variatif.
Acara yang dibuka oleh Kasi SMA Cabdin Wilayah V Provinsi Babel Deska Anindya Putra ini berlangsung di SMAN 1 Manggar, Rabu (2/10).
Dalam sambutannya Deska Anindya Putra menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Manggar, Sabarudin yang mampu menggerakkan seluruh pihak dalam menerapkan pembelajaran sesuai dengan implementasi Kurikulum Merdeka.
“Luarbiasa kepala sekolah SMANSA Manggar dan seluruh stakeholder sekolah baik guru dan orangtua murid untuk terus bergerak dan berinovasi menciptakan kemandirian bagi pelajar,” kata Deska.
Hal senada disampaikan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Manggar, Sabarudin yang menyampaikan gelar karya projek P5 tahun 2024 ini diterapkan kepada para siswa siswi SMAN 1 Manggar agar kedepannya bisa mandiri.
“Program P5 ini digelar dengan harapan para siswa siswi dapat memperkuat karakter, mengembangkan ketrampilan, menambah pengetahuan serta dapat membentuk peserta didik yang cerdas dan mandiri,” ungkap Sabarudin.
Dijelaskan Sabarudin, dalam gelar karya itu, pelajar kelas 10 dan 11 SMANSA Manggar membuat makanan dan kerajinan yang berasal dari kearifan lokal seperti ubi, singkong, sukun, kelapa dan lainnya.
Sedangkan kelas 12 mengambil tema Bangunlah Jiwa dan Raganya, dimana untuk yang perempuan menampilkan tari kreasi yang berhubungan dengan gerak tubuh atau olahraga. Untuk laki-laki yakni kegiatan baris-berbaris. Lalu, hari kedua, dilanjutkan kelas 12 melakukan outbound yang dipandu oleh TNI di Pantai Serdang Manggar.
“Kegiatan ini salah satunya, untuk mempersiapkan dan menciptakan generasi muda yang lebih siap menghadapi tantangan masa depan dengan keterampilan dan pengetahuan yang beragam,” jelas Sabarudin. (ver)