Memaknai Kekuatan Wanita Sebagai Senjata Rahasia Allah

Spread the love

 
PELITAKOTA.ID Perempuan adalah pribadi yang paling ditakuti oleh Iblis. Bagaimana caranya seorang  perempuan ditakuti oleh iblis? Jawabannya kita dapatkan setelah belajar mengingat cerita tentang  kejatuhnya pertama kali manusia di dalam dosa yaitu saat iblis memperdaya perempuan (hawa)  untuk memakan buah pengetahuan yang baik dan yang jahat yang dilarang Tuhan. Seperti yang  selalu dilakukan iblis sampai sekarang memperdaya perempuan bahwa perempuan itu adalah  mahluk yang lemah, tetapi saat Tuhan datang dan “ Aku akan mengadakan permusuhan antara  engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya, keturunannya akan  meremukkan kepalamu,”.

Firman yang terdapat dari ayat alkitab Kejadian 3:15 ini dijelaskan bahwa Tuhan sendiri  yang membuat suatu perhitungan terhadap iblis, disitulah dapat lihat bahwa Tuhan berfirman  perempuan akan bermusuhan dan meremukkan iblis. Jadi inilah alasan kenapa perempuan ditakuti  Iblis.

Ini adalah hal yang sangat penting bagi seorang perempuan menyadari bahwa saat sudah  difirmankan untuk dapat mengalahkan iblis. Contohnya adalah intimidasi dipikiran dan diperasaan  yang sering muncul bahwa perempuan adalah makluk yang lemah dan perempuan harus berjuang  mengalahkannya dan mengubah pemikiran tersebut.

Perempuan sudah Tuhan ciptakan dengan sangat baik. Seperti pada proses penciptaan yang sangat menabjukkan. Tuhan Menciptakan selama 6 (enam) hari lamanya. Pada hari yang pertama  sampai ke-enam Tuhan menciptakan hanya dengan Firmannya. Dan dilanjutkan dengan  menciptakan manusia dari debu tanah, sesuai dengan gambar-Nya serta memberikan nafas kehidupan-Nya.

Pada Puncaknya Tuhan menciptakan seorang perempuan dan ini adalah puncak  dari penciptaan Allah. Dinyatakan dalam ayat alkitab Kejadian 1 : 31 “ Maka Allah melihat segala  yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik”. Dari ayat tersebut dapat dibaca bahwa setelah Tuhan  menciptakan perempuan maka Ia menyatakan “Sungguh amat baik” berbeda dengan ciptaan  sebelumnya. Pernyataan tersebut mengartikan bahwa adanya sukacita terbesar saat Tuhan  menciptakan seorang perempuan (Hawa). Lantas apakah laki-laki (Adam) tidak membuat Tuhan  senang?. Saat Tuhan menciptakan Adam Tuhan melihat dan mengamati Bahwa Adam tidak baik  kalau sendiri, Bukan berati ciptaan Tuhan tidak baik melainkan pada kondisi ketidaklengkapan  yang disadari oleh Adam pada saat di Taman Eden. Oleh Karena itu Tuhan menciptakan  perempuan pertama (Hawa) dan segera sesudah itu Ia menyatakan “Sungguh Amat Baik”. Jadi mperempuan dan laki-laki adalah satu ikatan yang sangat terkait seperti ibaratnya laki-laki adalah  mahkota ciptaan dari Tuhan dan perempuan adalah permata yang menghiasi mahkota tersebut.

Selain itu Perempuan Tuhan diciptakan berbeda dari ciptaan yang lain yaitu perempuan dibangun mdari tulang rusuk Adam. Inilah Pelajaran didapat bahwa perempuan adalah ciptaan Tuhan yang  indah, kuat, membuat hati Tuhan sangat senang dan membuat lengkap semua ciptaan Tuhan.

Apa yang terjadi jika perempuan tidak ada di dunia ini? Tanpa perempuan di dunia ini  kurang kelemahlembutan, pemeliharaan dan keindahan. Sebenarnya laki-laki juga bisa melakukan  apa yang biasa perempuan lakukan tetapi tidak sebaik perempuan. Misalnya dalam hal mengurus  anak kecil, perempuanlah yang sudah Tuhan tentukan untuk mengurus anak kecil, karena seorang  ibu (perempuan) adalah orang pertama yang menyentuh tubuh anak saat dilahirkan di dunia ini.

Melihat dari sebuah kisah di Alkitab bahwa Tuhan menjadikan perempuan sebagai rekan kerja  Allah yang dipercaya. Tuhan memiliki sebuah rencana yang besar ketika tahu manusia jatuh dalam  dosa dan tidak dapat menyelamatkan dirinya sendiri yaitu rencana penyelamatan. Saat ingin  menyelamatkan tentunya Tuhan Allah harus menjadi manusia, sehingga Ia memerlukan seorang  perempuan yaitu Maria, seorang perawan yang digunakan buah pinggangnya untuk melahirkan  Yesus dan merawat Yesus sampai rencana Penyelamatan dilaksanakan. Perempuan Maria adalah  kisah perempuan yang lemah lembut, saat malaikat Gabriel memberitakan kabar bahwa ia akan  mengandung Juru Selamat, Maria tidak protes tetapi Maria Mau menerimanya. Bahkan Maria  tidak meninggalkan Yesus, saat Yesus disalib, Maria duduk dibawah kaki-Nya. Luar biasa sekali ya Maria.

Pelajaran lain yang didapat adalah perempuan belajar untuk percaya dan yakin bahwa perempuan adalah rekan kerja Allah yang dipercaya. Laki-laki (suami) dan perempuan (istri) harus selalu berdamai sebagai bukti merefleksikan gambaran Allah di bumi. Gambaran yang mengekspresikan citra kesempurnaan Allah. Perdamaian antara laki-laki dan perempuan adalah kuncinya. Tetapi, didalam kunci ini ada satu buah kunci lain yaitu adalah pemulihan perempuan. Seperti ibaratnya adalah para laki-laki membangun rumah. Kemampuan yang luar biasa unutk merawat dan memelihara.

Perempuan harus dipulihkan setiap waktu, pemulihan dari perasaan lebih rendah dari laki-laki (remeh), perasaan berdosa, perasaan disakiti, dsbnya. Semua perasaan iu harus dibuang jauh-jauh dan berusaha memulihkan diri dengan cara datang kehadirat Tuhan.

Beberapa cara yang iblis lakukan adalah mengintimidasi perasaan dan pemikiran perempuan, selain itu juga ada perempuan yang mengalami kekerasan. Menurut data dari website komnas perempuan.go.id tercatat bahwa terdapa jumlah kasus kekerasan pada perempuan sejumlah 299.911 sepanjang tahun 2020. Dengan rincian 31% kekerasan fisik, 30% kekerasan seksual, 28%  kekerasan psikis dan 10% kekerasan ekonomi. Ternyata banyak sekali kekerasan pada perempuan di Indonesia.

Tetapi perempuan harus bangkit dan memulihkan diri dengan mendekat kepada Tuhan karena Tuhan menyediakan pemulihan setiap saat ( Kisah Para Rasul 2 : 23) dan ingat  bahwa perempuan adalah senjata rahasia Allah.Iblis di Taman Eden menggoda Hawa (perempuan) bukan Adam (laki-laki)? Alasannya adalah keluarbiasaan Hawalah yang membuat hawa menjadi sasaran rencana iblis, kekuatannyalah bukan kelemahannya yang membuat ia terpilih dalam rencana iblis. Hawa sebagai sebuah ekspresi  dari ciptaan Allah yang paling indah, terutama kemampuannaya yang unik untuk menjadi tuan rumah dan merawat sebuah kehidupan, pasti telah merebut perhatian Iblis sang penggoda. Iblis membuat jebakan dan Hawa jatuh kedalamnya dan mengakibatkan dosa pertama yang memisahkan manusia dengan Allah danm memisahkan antar manusia. Dari kisah ini perempuan harus menampilkan pengendalian diri. Mengapa pengendalian diri? . Alasan pertama karena hawa gagal mengendalikan diri dan membuat keputusannya sendiri dan kedua adalah perempuan harus  memulihkan diri setiap waktu.

Pemulihan diri perempuan perlu dilakukan setiap waktu, tentunya tidak mudah karena iblis punya cara juga untuk membuat perempuan tidak dapat melakukan pemulihan dirinya. Tetapi karena ini bagian rencana Allah, maka perempuan tetap akan menggenapi janji Tuhan yaitu menjadi Wanita senjata rahasia Allah.

(Penulis Febri A.K,SP.d Pengajar TK Tunas Pertiwi)

  1.  LAI, Alkitab, 2021
  2. Silvoso, E.V Wania Senjatat Rahasia Tuhan, Metanoia Publising, 2005, Jakarta
  3. Website komnasperempuan.go.id, ditelusuri pada 02 Nopember 2021

Leave a Reply