KASIH TUHAN TIADA TARA

Spread the love

Pelitakota.Id| Berkat Tuhan Hari Ini | Yohanes 17:25-26, “Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku; dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka.”

KASIH TUHAN TIADA TARA
Penutup dari doa-doa sebelumnya itu, yaitu doa yang di rancang untuk meneguhkan semua permintaan bagi para murid, terutama permintaan yang terakhir, yaitu supaya mereka dipermuliakan (Ayat 24). Ada dua hal yang Tuhan Yesus tekankan dan himbau dalam bagian penutup tersebut:

Pertama, Panggilan hormat yang Dia pakai untuk memanggil Allah: Ya Bapa yang adil. Saat Dia berdoa supaya mereka dikuduskan, Dia memanggil-Nya Bapa yang Kudus. Sewaktu Dia berdoa supaya mereka dipermuliakan, Dia memanggil-Nya Bapa yang adil, sebab mahkota kebenaran akan dikaruniakan oleh Hakim yang adil.

Kedua, Perangai yang Tuhan Yesus lekatkan kepada dunia yang ada di dalam kejahatan: Dunia tidak mengenal Engkau. Perhatikanlah, ketidaktahuan mengenai Allah tersebar di antara umat manusia. Inilah kegelapan yang menguasai mereka yang hidup dengan cara duniawi.

Yesus Kristus sungguh mengenal Bapa, dan tidak ada seorang pun yang mengenal Bapa seperti Dia. Karena itulah, di dalam doa ini, Dia datang kepada Bapa dengan penuh keyakinan, seperti yang biasa kita lakukan saat datang menghampiri orang yang kita kenal dengan baik. Di sini Tuhan Yesus Kristus memohonkan berkat bagi orang-orang kepunyaan-Nya.

Saudaraku, tidak ada hal apa pun di dalam diri kita yang melayakkan kita untuk mendapatkan kebaikan Allah. Semua kepentingan yang kita dapat dari Allah dan hubungan kita dengan-Nya berasal dari dan bergantung pada apa yang telah dilakukan Kristus dan pada hubungan-Nya dengan Allah. Kita tidak layak, tetapi Kristus layak.

Akhirnya kita tahu bahwa segala berkat yang sudah kita terima dan yang masih kita harapkan nanti, itu semua atas perkenanan Tuhan Yesus. Yohanes 16:15, “Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.”

Jaminan kasih Tuhan atas setiap kita yang mengasihiNya adalah sebuah keniscayaan. Seperti Bapa mengasihi Yesus, demikianlah Yesus mengasihi kita. Haleluyah!!! (Pst.harts)

Leave a Reply