Saat-Nya Belum Tiba

Spread the love

Pelitakota.Id

Yohanes 17:1-3
“Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: “Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau.

Bapa saatnya telah tiba;
Kalimat ini menjelaskan pada kita bahwa ada sesuatu yang segera terjadi. Untuk mengetahui saatnya telah tiba maka kita perlu mengamati runtutan peristiwa yang menjelaskan “saatnya belum tiba”.
Perhatikan beberapa ayat berikut.

Yohanes 7:30
“Mereka berusaha menangkap Dia, tetapi tidak ada seorang pun yang menyentuh Dia, sebab saat-Nya belum tiba.”

Yohanes 8:20
“Kata-kata itu dikatakan Yesus dekat perbendaharaan, waktu Ia mengajar di dalam Bait Allah. Dan tidak seorang pun yang menangkap Dia, karena saat-Nya belum tiba.

Kedua ayat ini menjelaskan upaya penangkapan dan pembunuhan oleh orang Yahudi terhadap Yesus gagal sebab ‘saat-Nya belum tiba.’ Namun perhatikanlah bahwa kata ganti orang “Nya” pada kedua ayat di atas menggunakan huruf N besar sehingga menunjuk pada Bapa atau Yesus, sehingga artinya “saat Tuhan.” Sedangkan “nya” pada kalimat: ‘Bapa, telah tiba saatnya’ menggunakan huruf ‘n’ kecil sehingga bukan menunjuk pada Bapa atau Yesus, melainkan oknum lain yakni pribadi yang akan menangkap Yesus. Jadi kalimat “saatnya telah tiba” artinya saat oknum yang menangkap Yesus telah tiba.

Saudaraku… Apa hubungan saat-Nya dan saatnya? Jikalau kita perhatikan penjelasan ayat-ayat di atas, Yesus tdk bisa tersentuh dan ditangkap karena belum tiba waktu Bapa. Tapi Yesus akan ditangkap orang Yahudi jika sudah tiba waktu Bapa. Jadi, hubungannya adalah: Saatnya akan terjadi dalam saat-Nya.Karena itu Yesus berkata dalam  Yohanes 12:27 “Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini? Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini.”

Saudaraku, semua kejadian yang terjadi pada kita ada dalam waktu Tuhan. Sebab itu janganlah takut dan gelisah hatimu atas apa yang terjadi atasmu hari ini. Bagian kita adalah sabar saja menjalaninya.
Ingat!! Saatnya ada dalam saat-Nya. Saatnya tidak akan terjadi jika belum saat-Nya…Tuhan Yesus memberkati
Pdt. Liban Kamlasi, M.Th

Leave a Reply