PENGENDALIAN DIRI

Spread the love

 Pelitakota.id

Amsal 16:32.. Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.

Reaksi beragam terjadi ketika diadakan ujian kesabaran terhadap beberapa anak untuk mengetahui tentang perilaku mereka. Kepada setiap anak dibagikan sebuah manisan dan tidak boleh dimakan sebelum diperintahkan.

Jika mereka berhasil menunggu 15 menit, maka akan mendapat tambahan manisan, jadi mendapat 2. Ada yang langsung makan, ada juga yang berusaha mengalihkan perhatian dengan tidak melihat manisan tersebut.

Tetapi ada pula yang menangis sambil mengambil dan memakan manisannya. Pengendalian diri adalah hal yang penting dalam kehidupan, karena keinginan dan hasrat manusia terkadang meng-gebu².

Bila tidak belajar mengatur keinginannya, maka manusia akan menemukan banyak masalah. Kecerdasan emosi jauh lebih penting daripada otak, maka banyak orang pandai gagal menyikapi hidupnya karena tidak sanggup mengendalikan diri.

Dengan bertambahnya usia, mari belajarlah untuk sabar dan menguasai diri. Karena orang yang sabar dan bisa menguasai dirinya, melebihi seorang pahlawan yang merebut kota.

 Ps. Brian H Taruh, M.Th

Leave a Reply