Jangan Gelisah

Spread the love

Yohanes 14:6 …Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”
Haleluyah

A. Yesus adalah jalan menuju rumah Bapa. Dan yg mengetahui jalan ini adalah murid-murid-Nya. Hal ini Yesus katakan dalam Yoh. 14:4 “Dan kemana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ.”
Saya yakin kita telah mengetahuinya sebab kita termasuk murid Yesus. Banyak orang belum tahu jalan ini karena mereka bukan murid Yesus.

B. Kebenaran
Sangat sukar menentukan makna kata kebenaran. Sungguh menjadi perdebatan panjang utk menetapkan yg namanya kebenaran. Namun mari kita melihatnya dari sisi Alkitab.
Dalam bahasa Yunani, kata kebenaran diartikan “Realita”. Jadi Yesus berkata: Akulah Realita.
Bagaimana pembuktian ilmiahnya dari sisi Alkitab yg membuktikan Yesus adalah Kebenaran/Realita.
Cara menentukan sesuatu itu adalah kebenaran?
Ingat rumus ini:
Sebuah kebenaran baru dapat dikatakan sebagai “Kebenaran” jika memiliki tiga syarat umum ini :
1 .Pernyataan yang benar
2 .Perwujudan/Realitas dari pernyataan yang benar itu.
3. Bersifat kekal

Dalam Injil Yohanes, kita temukan betapa banyak pernyataan Yesus tentang diriNya. Contoh, Ada pernyataan dalam Yoh. 1:1 dan 14 bahwa Ia adalah Firman yg berkuasa, yang telah menjadi manusia. Realitanya tertulis dalam pasal 2 dalam perkawinan di Kana. Maria bunda Yesus berkata “Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu.” Maka air pun berubah jadi Anggur. Inilah realitanya.
Mengapa? Sebab oleh Firman Allah semuanya telah dijadikan. Yesus adalah Firman yang menjadi manusia maka apa yang diFirmankan pasti jadi. Jadi teruji sebagai kebenaran.
Contoh lain tentang Yesus adalah Kebenaran dapat dilihat dalam Yoh. 14 ayat 9-11. Pernyataan Yesus adalah Aku dalam Bapa, Bapa dalam Aku, jadi kamu melihat Aku = melihat Bapa. Realitanya apa? Pekerjaan-pekerjaan Bapa yg dilakukan melalui Yesus.
Bagaimana jika dilihat dari sisi kekal?

C. Hidup
Dari sisi inilah pengujian bahwa Yesus adalah kebenaran tdk bisa diragukan lagi. Yesus selalu berkata bahwa Ia adalah hidup itu yang datang membawa hidup bagi manusia. Realitanya adalah Ia membangkitkan Lazarus dari kematian. Realita lainnya adalah Yesus Bangkit dari antara orang mati dan hidup selama-lamanya. Realita ini tidak berubah dan bersifat kekal. Tidak dapat terbatalkan oleh apapun. Mengapa tidak ada kebenaran mutlak dalam alam? Karena semua yg ada dalam alam ini berubah dan tidak kekal. Kesimpulan sains tentang sesuatu pada akhirnya terbatalkan oleh penemuan baru. Perubahan dari zaman ke zaman terus terjadi, termasuk teologia.
Yang tdk berubah hanya Tuhan Yesus
Sungguh Yesus adalah kebenaran mutlak. Pertahankan imanmu pada Yesus Kristus….Haleluyah Tuhan Yesus memberkati
(Pdt. Liban Kamlasi, M.Th)

Leave a Reply