BERSAKSI TENTANG YESUS

Spread the love

Pelitakota.Id
Yoh. 3:22-36

Pembacaan ini terbagi dalam 2 bahagian besar. Ayat 22-30 berbicara tentang kesaksian Yohanes Pembaptis akan dirinya, yakni Ia adalah orang yang menerima karunia dari Sorga ay 27, Ia diutus untuk mendahului Tuhan ay 28,  Ia sahabat mempelai laki2 yakni Yesus ay 29, Ia harus semakin kecil ay 30.

Bagian kedua adalah ayat 29-36, yang berbicara tentang kesaksian Yohanes P akan Yesus. Antara lain: Yesus adalah mempelai laki-laki ay 29,  Yesus harus semakin besar ay 30, Yesus datang dari atas/Sorga ay 31, Yesus bersaksi tentang apa yang dilihat di Sorga ay 32-33, Yesus diutus Allah utk menyampaikan Firman Allah ay 34, Yesus adalah Anak Bapa yang terkasih ay 35, Bapa menyerahkan segala sesuatu kepada Yesus ay 35, Yang percaya dan taat kepada Yesus beroleh hidup kekal ay. 36

Pelajaran bagi kita
1. Kesaksian tetang Tuhan Yesus harus lebih banyak darikesaksian tentang diri sendiri. Kesaksian Yohanes Pembaptis tentang dirinya hanya 4 kali disebutkan, sedangkan tentang Yesus 7 kali. Artinya perbanyaklah kesaksian tentang Yesus dalam hidup kita.

Yohanes 3:34 berkata “Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas.”

Bukankah Dia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil? Yohanes 3:30

2. Dari kesaksian tentang Yesus, saya ambil ay 31sebagai perenungan kita.
“Siapa datang dari atas/dari Sorga di atas semuanya.”

Tuhan Yesus dari Sorga datang ke dunia. Berarti Dia di atas semuanya. Dia berkuasa atas semuanya sebagaimana dikatakan dalam  Yohanes 3:35 “Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya.” Dan Yohanes 17:2 “Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya.”

Dialah Tuhan kita. Kepada-Nya Bapa telah menyerahkan segala sesuatu. Bahkan saat sebelum Yesus terangkat ke Sorga, Ia berkata: Yesus mendekati mereka dan berkata:  “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi” Mat. 28:19. Sebab itu janganlah takut kepada apa dan siapapun selain pada Tuhan.

Jalanilah hari ini dan berkuasalah atasnya, sebab Dia yg berkuasa di Sorga dan di bumi menyertaimu.
Tuhan Yesus memberkati.
(Ps. Liban Kamlasi,.M.Th)

Leave a Reply