20 Kata Bijak Rohani Kristen Tentang Kehidupan, Penuh Makna dan Menenangkan

Apa Pokok Doamu?

Spread the love

Pelitakota.Id

Yohanes 17:9-10
“Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu
dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka.”

Tuhan Yesus mengajar kita tentang siapa yang didoakan dalam doa-Nya. Yesus berkata: “Aku berdoa untuk mereka.”
Maksudnya adalah para murid yang diberikan Bapa kepada-Nya sebab mereka milik Bapa.
Teladan ini harus kita ambil dan tiru dalam keseharian kita yaitu mendoakan orang- orang yang Bapa berikan kepada kita. Mereka adalah milik Bapa yang paling berharga dan mulia. Pertanyaannya adalah siapakah mereka yang diberikan kepadamu? Anak, orang tua, suami, istri, kakak, adik, saudara, teman, pembantu, jemaat, hamba Tuhan, dll. Mereka inilah yang harus saudara doakan.

Alasan Tuhan Yesus mendoakan mereka adalah karena mereka milik Bapa. Hal ini menunjukkan adanya rasa tanggung jawab terhadap apa yang diberikan, dan rasa hormat kepada yang memberikan yaitu Bapa. Jadi kita juga hendaknya melakukan hal yang sama seperti Yesus. Kita bertanggung jawab kepada Tuhan atas semua orang yang diberikan kepada kita. Berdoalah bagi mereka. Inilah teladan Tuhan Yesus.
Isi doa Yesus untuk mereka antara lain:

Untuk dipelihara
Yohanes 17:11
“Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.”

Untuk dilindungi dari yang jahat
Yohanes 17:15
“Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat.”

Untuk dikuduskan dalam kebenaran
Yohanes 17:17
“Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.”

Supaya mereka menjadi satu
Yohanes 17:21
“Supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.”

Supaya akan tetap bersama-sama
Yohanes 17:24
“Ya Bapa, Aku mau supaya, di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.”

Tetaplah berdoa
Tuhan Yesus memberkati..
(Pdt. Liban Kamlasi,.M.Th)

Leave a Reply