Kamu bukan anak yatim piatu

Spread the love

 Pelitakota.id
Yohanes 14: 15-19
Puji Tuhan.
Pencurahan Roh Kudus untuk permulaan gereja Yesus Kristus. Pencurahan Roh Kudus merupakan era dimulainya baru pelayanan para murid Yesus. Era lama berakhir pada masa diam 3 hari dlm kisah Fiodolorosa Yesus. Masa dimana para murid berdiam di rumah karena kesulitan. Era baru dimana terjadi pemberitaan besar-besaran tentang Yesus Kristus dilakukan oleh para murid-Nya. Roh Kudus menegakkan pemberitaan mereka sehingga beribu-ribu orang menjadi percaya dan mengikut Yesus.
Doa saya, kiranya New Normal yang akan dilakukan dalam tata kehidupan bangsa kita juga menjadi ajang pemberitaan dan pergerakan Roh Kudus untuk penuaian jiwa bagi Yesus. Haleluyah

Tuhan Yesus berjanji dalam Yoh. 14:18, “Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.” Betapa besar perhatian Tuhan Yesus bagi kita. Dia tidak akan membiarkan kita menjadi anak yatim piatu. Dia berjanji, mengucapkan sumpah yang menegaskan kepada para murid: “Aku tidak akan …” Saya mencoba meyakinkan anak yatim piatu. Selalu mengatakan tidak kuat lagi, siapa yang akan menolong kami? Mereka selalu susah dan sedih karena harus berjuang utk hidup tanpa didampingi org tua, tak ada belaian terima kasih papa dan mama. Terkadang rasa iri menerpa anak melihat yang lain bergurau mesra dengan papa mamanya. Ahh …

Apa yang dilakukan terkait Janji-Nya?
1. Ia meminta Bapa memberikan Penolong yang lain menyertai kita selamanya (: 16). Penolong itu adalah Roh Kebenaran, yaitu Roh Kudus (: 17). Penolong itu juga adalah Penghibur (: 26) yang akan terus menyertai kita. Penyertaan Roh Kudus atas kita tidak terjadi di luar tubuh, dikeluarkan dalam tubuh kita, yaitu diam dalam kamu (: 17).

2. Yesus datang kembali kepada kita (: 18). Kasih merupakan alasan Yesus mau kembali pada kita agar tetap bersama-sama dengan kita. Namun harus dibantah Ia kembali kepada kita saat ini melalui Roh Kudus. Alasan itu Dia berkata: “… kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.”
Jadi anak yatim piatu itu tidak sendiri lagi karena Bapanya datang kembali. Seolah-olah, Yesus tak mau jauh darimu, tak mau pisah darimu, pergi darimu, maunya bersama kamu. Ini selalu terjadi karena kasih.

Yesus datang kembali melalui Roh Kudus untuk menjaga kita tetap dalam kebenaran, menolong kita, menghibur kita, mempercayai kita pada Firman, tinggal dalam kita dan menyertai kita.

Betapa Tuhan menyenangkan kita senantiasa. Bayangkan saja, Dia sdh pergi ke Surga, kembali lagi melalui Roh Kudus pada kita ….
Respek apa dari kita bagi Yesus yang sangat baik ini? Tak ada cara lain, selain ayat 15. “Jikalau kamu setuju Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.” Ini harus menjadi respek kita pada Yesus. Tuhan Yesus berkata dalam
Yohanes 14:23,
“Jawab Yesus:” Jika meminta pertolongan, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan membahas dia dan Kami akan datang membicarakan dan diam bersama-sama dengan dia. ”
Yohanes 14:28
“Kamu telah mendengar, itu Aku telah meminta kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. SEKIRANYA kamu menyetujui Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi ke Bapa-Ku,
Amin
Selamat berjuang hari ini bersama Yesus yang tidak membuangmu sebagai anak yatim piatu … Tuhan Yesus memberkati.
Pdt. Liban Kamlasi, M.Th/Pelitakota.Id

One Reply to “Kamu bukan anak yatim piatu”

Tinggalkan Balasan